Jenis Bahan Sticker Yang Perlu Kamu Tau

Bahan Sticker - Buat kamu yang sering cetak sticker pasti sudah gak asing lagi dengan bahan-bahan yang digunakan untuk sticker. Tapi buat kamu yang belum tau, tenaaaaang mimin kasih tau kok. Yukss dibaca baik-baik yalaugh

 

Bahan Vinyl

  • Bahan Vinyl terbuat dari bahan plastik yang lentur. Daya tahan bahan jenis ini sangat kuat karena lebih tahan air dan juga cuaca yang berubah-ubah. Namun kelemahan bahan stiker jenis ini adalah tidak dapat di cetak dengan print inkjet biasa. Untuk jenis bahan kertas ini sangat cocok digunakan untuk stiker outdoor karena memiliki permukaan yang glossy.

 

Bahan Chromo

  • Bahan Chromo adalah jenis bahan yang berasal dari bahan kertas licin dengan tingkat keawetan yang lebih tinggi. Kelebihan dari kertas jenis ini ialah bagus jika di cetak separasi. Stiker jenis ini juga memiliki daya lekat yang kuat jika digunakan sebagai promosi suatu brand, label untuk branding makanan maupun minuman. Namun kelemahan stiker jenis ini jika terkena air akan cepat luntur, sehingga tidak tahan air.

Bahan HVS

  • Bahan HVS adalah jenis bahan yang ukurannya sama dengan kertas HVS. Untuk bahan jenis ini bisa dicetak pada print cetak biasa. Bahan sticker semacam ini biasanya digunakan untuk mencetak stiker souvenir biasa. Sedangkan kelemahan kertas ini antara lain ketahanan kertas sangatlah terbatas serta lem yang mudah mengelupas karena memiliki daya rekat yang kurang.

 

Bahan Transparan

  • Yang terakhir adalah jenis bahan sticker transparan yang memiliki karakteristik transparan, sehingga mencetak pada permukaan stiker ini membuat hasil cetak kamu terlihat bening. Aplikasi pada kertas transparan sering dijumpai pada toko yang sedang memberikan promosi diskon akhir tahun dikarenakan selain pelanggan dapat membaca promosinya, stiker ini memungkinkan pelanggan dapat melihat kedalam display yang sedang dipajang tanpa terganggu dengan media stiker.

Sekarang udah tau kan jenis-jenis bahan sticker yang sering kamu jumpai, jangan sampai keliru yaa biar hasil cetakan kamu sesuai yang kamu mau. 

Sebagai digital printing terbaik, ruangprint selalu pastikan kemudahan dan kenyamanan buat kalian semua, agar lebih mudah yuk download aplikasi kami di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ruangprint atau melalui web di www.ruangprint.com, mimin tunggu yaaa. Siap-siap mimin manjain yaawink