Menjadi Usaha Cetak Yang Serba Bisa dan Fleksibel

Hot NewsPeriklanan dan media promosi adalah pasar besar untuk industri percetakan. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk sektor ini termasuk albatross, luster untuk banner, glossy paper untuk hasil cetak dalam ruangan, serta PVC, kanvas, duratrans, mesh, cloth, dan silk yang bisa diaplikasikan untuk solusi cetak dalam dan luar ruangan.

Berikut beberapa materi cetak yang patut jadi perhatian Anda. 

  • Duratrans (Fujitrans)

         Merupakan media yang semakin popular dan memiliki potensi besar untuk pengusaha jasa percetakan. Materi cetak ini hadir dalam bentuk foto atau gambar yang dicetak di atas materi berbahan dasar tembus pandang, dan sering digunakan sebagai translites di studio acara berita televisi dan pertunjukan teater sebagai backdrop yang memiliki adalah media yang semakin popular dan memiliki potensi besar untuk pengusaha jasa percetakan. Materi cetak ini hadir dalam bentuk foto atau gambar yang dicetak di atas materi berbahan dasar tembus pandang, dan sering digunakan sebagai translites di studio acara berita televisi dan pertunjukan teater sebagai backdrop yang memiliki

 

  •  Art papers (dengan ketebalan 100 gr sampai 150 gr)

         Merupakan pilihan kertas yang umum dipakai untuk mencetak barang yang tahan terhadap kelembapan atau debu. Biasanya, art papers dipakai untuk mencetak kalender dinding, majalah, dan poster. Art papers juga dilapisi dengan lapisan dengan permukaan halus dan mengilap sehingga warnanya akan terlihat lebih tajam, namun juga menjadi agak lebih susah dalam menyerap tinta.

 

  •  Art carton 

         Hampir serupa dengan art paper, namun bahan ini lebih tebal dengan ketebalan sekitar 190 gr sampai 310 gr, dan biasanya digunakan untuk penanda meja (table tentage signs), tag untuk produk, kemasan, dan kartu ucapan. Jika digabungkan dengan penggunaan tinta yang aman dan andal, kertas art carton juga bisa digunakan untuk mencetak kemasan makanan yang desainnya bisa customized, seperti kantong kertas dan kotak karton.

         Hal ini tentu menjadi peluang baru bagi usaha percetakan Anda Selain bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, faux leather atau kulit sintesis menjadi salah satu bahan yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama digunakan untuk membuat aksesori, kain pelapis furnitur, craft, dan interior kendaraan. Untuk meningkatkan daya tahan dan keberlanjutan kulit sintesis cetakan yang digunakan pada produk-produk seperti sepatu dan apparel, perusahaan kimia dan pelapis bahan kulit Stahl bekerja sama dengan HP Latex Inks untuk memproduksi tinta berkualitas tinggi yang khusus diciptakan untuk pengerjaan pewarnaan kulit.

 

Sumber : Printpack Indonesia